Halo semuanya
Salam sukses dan salam ilmu pengetahuan, kali ini admin mau kasih tahu kalau di dalam microsoft excel dalam mengisi tabel dapat menggunakan tabel bantuan agar dalam proses pengolahan data dapat berjalan dengan baik. terutama dalam pengolahan data dalam bentuk angka yang rumit sekalipun karena spreadsheet yang sering di kenal orang dapat melakukan pekerjaanya sebagai aplikasi pengolah data dalam bentuk angka menjadi primadona digunakan dalam pekerjaan kantoran khususnya.
Diantara rumus yang wajib kalian tahu adalah Hlookup dan Vlookup, dari nama fungsi ini hanya berbeda dalam satu karakter awal yakni V dan H yang sebenarnya singkatan dari V untuk Vertical dan H Untuk Horizontal. Yang telah di singgung di paragrap sebelumnya bahwa rumus ini digunakan dengan mengadapttasi dari tabel bantuan yakni tabel berbentuk Vertical dan Tabel Berbentuk Horizontal.
adapun Formula dari rumus ini adalah
=Hlookup(Lookup_Value;Tabel_array;Row_Index_Num; [range_lookup])
sedangkan untuk tabel yang vertikal formulanya adalah
=Vlookup(Lookup_Value;Tabel_array;Col_Index_Num)
untuk penjelasan:
Lookup Value adalah data referensi. nilai yang akan di tampilkan untuk di tampilkan datanya melalui tabel pendukung.
Table Array adalah tabel bantuan untuk mencari data yang di inginkan sesuai dengan data referensi atau Lookup Value
Row Index Num adalah nomor baris yang ada dalam tabel aray dan atau Col Index Num
Range Lookup adalah bersifat pilihan yakni dapat digunakan atau tidak, karena tidak membawa dampak yang signifikan terhadap hasil
Untuk Contoh penggunaan fungsi Hlookup dan Vlookuk di Microsoft Excel dapat mengklik video berikut: