Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Thursday, March 10, 2016

Pengertian manajemen

Kata manajemen sangat luas artinya, karena disesuaikan dengan siapa pelaku dan tujuan dari manajemen itu sendiri. Ini bisa dipastikan setiap manusia menggunakan manajemen untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
Siapa yang
tidak pernah menggunakan manajemen dalam kehidupan sehari-hari ?

Setiap manusia pasti menggunakan manajemen hal ini terlihat dari gaya hidup dan keinginan masing-masing individu maupun kelompok dalam mengatur apa-apa yang menjadi perioritas dalam menentukan sesuatu, yakni untuk mencapai suatu tujuan yang menjadi akhir dari setiap kegiatan atau aktifitas sedang di jalani, namun banyak sekali yang memberikan pemaknaan kata dari manajemen tetapi manajemen dapat di kategorikan sebagai berikut :
1.      Manajemen sebagai suatu proses
Manajemen sebagrai suatu proses yakni dengan melihat bagaimana cara orang untuk mencapai suatu tujuan yang telah di tetapkan terlebih dahulu. Sedangkan pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat  dilihat dari pengertian menurut :
Encylopedia of The Social Science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.

Baca : Jangan pernah bicara menyerah apalagi putus asa
Georgy R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
2.      Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
Managmen sebagai kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan Manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas Managment disebut Manajer.
3.      Manajemen sebagai suatu ilmu (sciense) dan sebagai seni (art)
Manajemen sebagai suatu ilmu dan sebagai seni merupakan dua sisi yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain karena terdapat hubungan antara keduanya yang tidak dapat dipisahkan sebab dalam suatu organisasi untuk melakukan pendekatan dan membuat sesuat berjalan dengan semestinya harus memiliki ilmu dan seni bagaimana membuat semuanya berjalan dengan sempurna. Dalam hal ini manajemen sebagai ilmu dan sebagai seni dapat di lihat pengertian berikut:
  • Chaster I Bernard dalam bukunya yang berjudul The function of the executive, bahwa Managment yaitu seni dan ilmu, juga Henry Fayol, Alfin Brown Harold, Koontz Cyril O’donnel dan Geroge R. Terry.
  • Marry Parker Follett menyatakan bahwa Managment sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain
Artikel Lain :