Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Tuesday, April 11, 2017

Cara membuat rumus statistik di Ms Excell

Dalam Ms.Excell rumus mutlak digunakan disebabkan dalam aplikasi ini banyak mengolah data-data
yang berbentuk angka sehingga banyak sekali melakukan perhitungan matematika. Untuk melakukan perhitungan matematika dalam Ms. Excell dapat dilakukan dengan cara menggunakan operator matematika atau dapat langsung menggunakan fungsi. Berikut penjelasannya:

Baca:  Keuntungan menggunakan jaringan WAN
1. OPERATOR MATEMATIKA DALAM MS. EXCELL
     Perhitungan matematika dalam Ms. Excell untuk data yang sederhana dapat menggunakan rumus yang sederhana dengan menggunakan operator matematika seperti

  • + Berfungsi mencari nilai penjumlahan
  • - Berfungsi mencari nilai pengurangan
  • / Berfungsi mencari nilai pembagian 
  • * Berfungsi mencari nilai perkalian
  • ^ Berfungsi mencari nilai pangkat dari suatu data 
Adapun bentuk formulanya sebagai berikut:
= cell operator cell
ex:
= C2 + C3
= C2 * C3

2. FUNGSI STATISTIK MIN, MAX, COUNT, AVERAGE

  •     Fungsi Min digunakan untuk mencari data paling rendah dari rentang data yang ditentukan
  •     Fungsi Max digunakan untuk mencari data paling tinggi dari rentang data yang ditentukan
  •     Fungsi Sum digunakan untuk melakukan penjumlahan keseluruhan dari rentang data yang ditentukan
  •     Fungsi Count digunakan untuk menentukan jumlah data yang terdapat dalam satu rentang
Bentuk formula dari fungsi diatas adalah:
= fungsi (range)
Ex.
= Min (A1:A10)
= Max (A1:A10)
= Sum (A1:A10)

Berikut Contoh kasus :

Keterangan :

  • Total = Jumlah keseluruhan tiap kolom, Maka rumusnya:
  • =SUM(D6:D12)
  • Rata-rata = total data perkolom / jumlah data, Maka rumusnya:
  • =AVERAGE(D6:D12)
  • nilai minimum = nilai paling kecil dari data setiap kolom, Maka rumusnya:
  • =MIN(D6:D12)
  • nilai maximum = nilai tertinggi dari data setiap kolom, Maka rumusnya:
  • =MAX(D6:D12)
  • banyak transaksi = jumlah data transaksi (data yang diolah), Maka rumusnya:
  • =COUNT(D6:D12)

Setelah selesai memasukkan rumus fungsi pada masing-masing kolom, untuk melakukan perhitungan pada kolom selanjutnya dapat dilakukan dengan cara otomatis tanpa harus memasukkan formula atau rumus satu persatu seperti langkah di atas yakni dengan cara blok data yang berada pada kolom D14 hingga D18 kemudian arahkan pointer ke bagian bawah data hingga kursor berubah menjadi tanda "+" klik hingga kolom "H" .

Maka hasilnya sebagai berikut :





















3. MENAMBAHKAN SIMBOL RUPIAH

Untuk menambahkan simbol mata uang Rupiah pada data yang telah dilakukan perhitungan matematika dengan cara:
*>> Blok data dari E14 : H17 merupakan data yang akan ditambahkan simbol mata uang
*>> Klik Menu Home
*>> Klik Accounting. Apabila simbol Rp. Atau mata uang yang di pilih belum muncul dapat dilakukan dengan memilih More Number Formats lalu klik Currency  pada kolom Symbol cari dan pilihlah Rp. untuk simbol mata uang Rupiah.


























Demikian Semoga bermanfaat...