Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Wednesday, March 15, 2017

Keuntungan menggunakan jaringan WAN (Wide Area Network)

Jaringan computer dilihat dari tata letak geografis salah satunya adalah WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan computer sangat besar yang terdiri dari beberapa jaringan local yang saling terhubung antara satu dengan jaringan local lain, sehingga melakukan komunikasi data dapat dilakukan pada computer mana saja yang terhubung dalam jaringan WAN walau dalam jarak antara computer satu dengan yang lain berjauhan, untuk itu dalam jaringan WAN dibutuhkan router antar cabang dan alat komunikasi public lainnya.
Dengan adanya jaringan ini dapat menghemat waktu dalam pengambilan maupun pengiriman data antara suatu bagian dengan bagian yang lain dalam satu organisasi juga dapat menjadikan komunikasi dapat berjalan dengan lancar.

Perlu diketahui bahwa jaringan WAN adalah kumpulan dari beberapa jaringan LAN, antara jaringan LAN satu dengan yang lain dapat melakukan komunikasi yang diatur oleh server pusat.
Adapun keuntungan menggunakan Wide Area Network (WAN);
  • Dalam jaringan WAN terdapat Server pusat yang terdapat pada kantor pusat yang berfungsi sebagai penampung data dari semua lini cabang
  • Email dapat digunakan sebagai pengiriman data antar computer host cabang yang relative lebih cepat dibandingkan dengan pengiriman non jaringan
  • Sebagai alat komunikasi dapat digunakan aplikasi chat
  • Pelaporan data dan pengumpulan data dapat terorganisir tergantung manajemen dan waktu yang ditentukan.

Semoga bermanfaat..
Artikel lain: