Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Monday, March 30, 2020

Mengenal Bahasa Pemrograman Phyton

Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan penerapan di bidang scientist bahasa pemrograman ini dapat digunakan untuk big datadata miningdeep learningdata science hingga machine learning tingkat tinggi yang diracik oleh Guido van Rossum. Dikutip dari Wikipedia Guido van Rossum adalah programmer komputer berkewarganegaraan Belanda yang lebih di kenal sebagai pencipta dan "Benevolent Dictator for Life" dari bahasa pemrograman Python yang artinya dia hanya akan memberikan keputusan akhir jika dibutuhkan. Bahasa pemograman ini sebagai bahasa yang memiliki menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dan memiliki sintaksis kode yang tidak sulit selain itu memiliki berbagai macam pustaka yang bertebaran memungkinkan kemudahan dalam mempelajarinya. high-level, interpreted, interactive, dan object-oriented yang tingkat tinggi membuat bahasa pemrograman Python banyak digunakan oleh perusahaan yang kegunaannya untuk membangun layanan-layanan platform terkenal, seperti Instagram, Youtube, dan Spotify.
Berikut kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman Phyton
1.      Bahasa Python termasuk kedalam bahasa pemrograman yang banyak fungsi (multifungsi). Hal-hal yang dapat dikerjakan oleh bahasa pemrogram ini adalah dapat memproses text, robotika, data mining, hingga pada Arificial intelligent atau sering dikenal dengan kecerdasan buatan. Dengan bahasa pemrograman Phyton dapat membuat aplikasi berbasis desktop maupun berbasis smartphone.
2.      Python dapat berinteraksi dari dan ke bahasa pemrorgaman phyton karena Kode python dapat memanggil oleh bahasa C, C++, dan begitupun sebaliknya
3.      Bahasa Pemrograman Python juga lebih efisien dibandingkan bahasa lain, tidak terlalu banyak sintak yang digunakan dalam penulisan script program.
4.      Mudah dalam penggunaannya, memiliki kemampuan dalam keterbacaan kode yang sangat  tinggi, sehingga kode dapat dipahami dengan mudah, dan telah dibahas sebelumnya bahwa bahasa pemrograman ini memiliki library yang banyak.
5.      Mendukung Internet of Things, Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet. Dengan kata lain IoT adalah sebuah teknologi yang menghubungkan benda – benda di sekitar atau lingkungan ke dalam sebuah jaring–jaring yang menghubungkan satu sama lain.
Dari beberapa kelebihan dan penjelasan diatas bahas pemrograman Python dapat dijalankan dan ditulis untuk membangun aplikasi di beragam sistem operasi. Diantaranya :
1.      Linux/Unix
2.      Microsoft Windows
3.      Mac OS
4.      Android
5.      Java Virtual Machine
6.      Symbian OS
7.      Amiga
8.      Palm
9.      OS/2