Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Monday, April 6, 2020

Menjalankan Bahasa Pemrograman Phyton dengan IDLE

IDLE merupakan singkatan dari Integrated Development and Learning Environment.
merupakan Pengembangan Terpadu dan Lingkungan Belajar dengan kata lain adalah lingkungan pengembangan terintegrasi (IDE) untuk Python. Pemasang Python untuk Windows berisi modul IDLE secara default. IDLE dapat digunakan untuk mengeksekusi baris script code atau pernyataan tunggal seperti Python Shell dan juga untuk membuat, memodifikasi, dan mengeksekusi skrip Python. IDLE menyediakan editor teks berfitur lengkap untuk membuat skrip Python yang mencakup fitur seperti penyorotan syntak, pelengkapan otomatis dan pengenalan pintar. Ini juga memiliki debugger dengan fitur stepping dan breakpoints.
Selain IDLE untuk bahasa pemrograman Phyton yang sering digunakan diantaranya sebagai berikut: 
1. Komodo
2. LiClipse
3. NetBeans 
4. PyCharm
5. Kdevelop
6. PyDev
7. Wing IDE

Untuk mejalankan bahasa pemrogaman Phyton dilakukan dengan memasukkan script kode kedalam lembar script yang mana dapat menggunakan display dengan cara interactive mode ataupun dengan tampilan script mode :
Interactive mode merupakan tampilan dari bahasa permorgaman Phyton dimana penulisan dari kode progam dibuat perbaris dan langsung di jalankan atau pembacaan script progam oleh interpreter tanpa melalui penyimpanan data terlebih dahulu, maksudnya adalah pada saat menuliskan kode dalam satu baris dan untuk pindah kebaris selanjutnya dengan menekan tombol enter maka baris kode yang telah di buat akan langsung diproses oleh interpreter tanpa menunggu baris selanjutnya, hal ini cukup praktis dalam melihat hasil dari script kode yang dibuat tanpa harus melakukan hal lain untuk menjalankan progam. Namun tidak semua dalam pembuatan suatu progam dapat diselesaikan dengan satu baris saja atau dengan script singkat akan tetapi bisa saja dengan banyak baris, dimana terdapat hubungan antara masing masing baris script progam dengan demikian Interaktive Mode tidak dapat digunakan namun harus beralih menggunakan Script Mode yang lebih leluasa.
Menggunakan tampilan Script Mode prinsipnya adalah menuliskan seluruh script kode terlebih dahulu hingga selesai atau kata lain Script Mode yang dapat menampung terlebih dahulu banyak Script baru dilakukan run program.
Tampilan Interactive Mode

Tampilan Script Mode
Cara penulisan syntax dapat dilihat di Syntax sederhana Python
Berikut menulis script menggunakan Interactive mode
1.      Jalankan bahasa pemrograman Phyton
2.      Masukkan script program seperti print (“Hello Word”)
3.      Maka program akan langsung melakukan eksekusi setelah menekan tombol enter
Adapun yang akan tampil adalah Hello Word, sedangkan kata print merupakan perintah untuk menampilkan kata Hello Word

Selanjtunya mari mencoba menulis script menggunakan Script Mode. Ikuti langkah berikut:
1.      Jalankan bahasa pemrograman Phyton
2.      Di jendela Interactive Mode
3.      Klik file lalu New File atau dengan menggunakan ctr+N
Maka akan ditampilkan lembar baru dengan nama untitled yang di gunakan untuk menuliskan script code, misal Script code
Print (“Hello Word, Mari belajar Phyton”)
4.      Setelah menulis script code langkah selanjutnya adalah menjalankan progam (run)
5.      Klik menu run kemudian run module (f5)
Script tidak akan di proses apabila belum disimpan, maka harus dilakukan penyimpanan terlebih dahulu dengan menekan perintah oke pada instruksi Source Must Be Saved OK to Save
6.  Klik OK dan simpan dengan nama file Belajarphyton.py dengan sebelumnya menentukan folder penyimpanan.
7.   Setelah disimpan dengan menekan perintah save, maka akan dibawa ke tampilan interactive mode dan progam langsung dijalankan.

Tahukah apa perbedaan dari kedua cara diatas ?
Perlu diingat bahwa program tidak akan berjalan jika belum menginstal bahawa pemrogaman, jika ingin menginstal silahkan klik cara menginstal bahawa permrograman Phyton.