Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Wednesday, June 14, 2017

Tutorial mudah membuat relasi table di Microsoft Access

Menghubungkan antara satu table dengan table yang lain guna mempermudah dalam melakukan input atau pengisian data pada table utama, relasi biasanya dilakukan apabila terdapat field yang sama atau field berbentuk pilihan, misal table karyawan terdiri dari : Id Karyawan, nama karyawan, Jenis kelamin, yang dihubungkan
dengan table jenis kelamin. Hal ini dimaksudkan agar pada saat pembuatan laporan data tidak perlu mengetikkan tulisan jenis kelamin seperti laki-laki atau perempuan akan tetapi pilihan tersebut telah tampil dan tinggal dipilih salah satunya saja, hal ini sangat mempermudah dalam mengolah data pada table.  Namun sebelum melakukan relasi antar table yang harus dilakukan adalah membuat table yang akan di relasikan, dalam kasus kali ini akan dihubungkan table karyawan dan table jenis kelamin dengan field sebagai berikut:
1.       Table Karyawan terdiri dari:
Field
Type Data
Id Karyawan
Text
Nama Karyawan
Text
Jenis Kelamin
Text
Agama
Text
Alamat
Text
Sedangkan,
2.       Tabel Jenis Kelamin terdiri dari :
Field
Type Data
Id Jenis Kelamin
Text
Jenis Kelamin
Text
Setelah membuat table dengan field diatas selanjutnya akan dibahas cara merelasikan 2 tabel tersebut diatas, adapun cara merelasikan dapat dilakukan dengan 2 cara yakni:

1.       Lookup wizard
2.    Relationship

      Berikut langkah-langkah merelasikan tabel dengan cara Lookup Wizard :
Langkah ini dilakukan dengan melakukan pengaturan pada tipe data yang terdapat pada salah satu field yang memiliki record yang sama dalam hal ini adalah field jenis kelamin pada table karyawan dengan langkah-langkah seperti berikut:
  • Setelah Membuat table baru dengan field diatas, bukalah table karyawan
  • Klik Lookup Wizard pada data type di field jenis kelamin
  • Pada tampilan ini pilih “I want the lookup column to look up the values in a tables or query” kemudian klik Next
  • Cari dan klik nama table jenis kelamin kemudian pada pilihan View terdapat pilihan table, query, Both. Klik Table
  • Klik Next, pada kolom Available Fields klik jenis kelamin dan klik tanda “>” sehingga field jenis kelamin akan pindah ke sebelah kiri di kolom Selected Field.
  • Klik next, pada tampilan selanjutnya akan terdapat pilihan untuk pengurutan data pada table jenis kelamin. Yakni Ascending merupakan pengurutan data dari A sampai dengan Z dan Descending kebalikan yakni pengurutan Z sampai dengan A.
  • Klik Next, checklist pada pilihan Hide key column (recommended) berfungsi untuk menyembunyikan field primary key dari kolom jenis kelamin.
  • Klik next, pada tampiilan ini untuk menentukan nama label dari lookup wizard yang telah di buat.
  •  dan terakhir finish, maka proses relasi table karyawan dan table jenis kelamin telah selesai dilakukan.


Silahkan isi table jenis kelamin jika sudah selesai silahkan tutup. Selanjutnya lakukan pengisian data pada table table karyawan, pada kolom jenis kelamin telah terdapat pilihan data isian jenis kelamin. Apabila telah tampil maka relasi telah berhasil dilakukan.

Artikel lain:
-          Cara terbaik membuat query table di Microsoft access