Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Tuesday, June 13, 2017

Tutorial mudah membuat Table di Microsoft Access

Dalam suatu program database atribut table sangatlah berguna disebabkan table merupakan wadah atau tempat dimana semua data akan disimpan dan di olah sesuai dengan kebutuhan pengolahan maupun relasi antar table. Selain itu table merupakan tempat untuk menyimpan data yang nantinya akan dibuka kembali dalam proses pemanggilan data. Perlu diingat sebelum pembuatan table ada
baiknya menentukan progam apa yang akan dibuat hal ini untuk menentukan table apa saja yang akan digunakan dan table mana saja yang dapat dilakukan relasi.  Sebagai studi kasus akan dibuat program input barang, Berikut tatacara membuat table:



-      Buatlah database sebelum membuat atau menentukan table dengan cara buka Microsoft Access>> blank database >> tentukan nama database (barang) pada kolom file name di tampilan Blank Database yang terdapat pada pojok kanan bawah tampilan access >>klik create. Sampai disini database barang telah selesai di buat selanjutnya adalah membuat table di dalam database. 
      Perlu diketahui untuk membuat table di Microsoft Access 2007 ada beberapa cara yakni:
1.       Menu create >> table
Cara ini adalah membuat table dengan langsung mengisi table tanpa menentukan nama dari field masing-masing, sehingga field akan otomatis akan berjudul field1, field2, field3 dan seterusnya sampai record yang dimasukkan selesai. Table akan terbentuk secara otomatis, sedangkan untuk menambahkan field baru tinggal masukkan isi record pada kolom add new field.
2.       Menu create >> table templates
Merupakan langkah yang digunakan untuk membuat table dengan cara menggunakan template yang sudah disediakan oleh Ms Access tinggal memilih jenis template yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pembuatan program.
3.       Menu create >> table design
Merupakan perintah yang digunakan dalam pembuatan table dengan menentukan jenis data dan field yang akan digunakan untuk membuat sebuah table, dengan melakukan desain table dari awal yakni dengan menentukan field apa dan data tipe apa yang akan digunakan untuk menunjang dari pembuatan tabel
4.       Menu external data>> excel
Langkah ini adalah langkah dimana table dan data atau record sudah diatur pada Ms Excel sehingga data tersebut tinggal di import dan akan membentuk otomatis table yang sesuai dengan apa yang terdapat pada Ms Excel.

Berikut akan dijelaskan langkah-langkah membuat table dengan cara yang ke tiga (3) yakni dengan menggunakan perintah design:
-    >>Klik menu create >> Klik Table ( perintah ini untuk membuat table baru, dimana setelah melakukan perintah tersebut akan ditampilkan satu bagian pembuatan field) lanjutkan ke perintah >>
-        >> Klik Icon View yang berada di menu Home atau di menu datasheet kemudian >> Klik Design View >> perintah design view berfungsi untuk menentukan field apa saja yang akan digunakan untuk sebuah table barang dengan kata lain perintah ini untuk melakukan desain terhadap sebuah table yang akan digunakan atau di olah.
-          Ketikkan nama table pada tampilan save as table name ( contoh : barang)
-          Selanjutnya menentukan field apa saja yang akan digunakan.
Keterangan :
1.     Field
Field dapat di istilahkan sebagai judul setiap kolom yang akan diisi. Field sebagai tolak ukur data yang akan diisi di masing-masing kolom. Sebagai saran nama field di usahakan menggambarkan data atau record yang akan di isi. Contoh: field jenis kelamin yang nantinya akan diisi dengan laki-laki atau peremmpuan.
2.   Data type untuk menentukan tipe data yang akan digunakan pada masing-masing field, contoh: data type Autonumber: jenis data yang akan berisi nomor urut otomatis, text untuk tipe data yang berisi huruf dan angka, Number untuk tipe data yang berisi angka saja. Setiap data type memiliki pengaturan field properties berbeda-beda.
3.   Description adalah kolom yang bersifat optional maksudnya adalah boleh di isi atau tidak karena tidak mempengaruhi dalam proses pengisian data pada saat table telah di buat.
-           Selanjutnya setelah mengisi data pada masing-masing  field yang akan digunakan Klik view >>datasheet view untuk mengisi table. 
     Perlu diketahui untuk mengisi table dapat dilakukan dengan mengisi langsung pada  table yang telah dibuat atau dengan cara menggunakan form yang lebih atraktif dan menarik hal ini harus terlebih dahulu mendesain form di Microsoft Access agar tampak menarik.
Demikian semoga bermanfaat.
Artikel Lain:
  • Cara terbaik mendesain form di Microsoft Access
  • Tip dan Trik terkini menggabungkan tabel dengan query