Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Monday, July 17, 2017

Penyebab dan penyelesaian masalah tampilan Blue Screen


 Berbagai macam masalah yang timbul disetiap perangkat komputer baik itu berbentuk kesalahan dalam pengoperasian perangkat keras seperti salah dalam menekan tombol kombinasi yang ada pada keyboard yang akibatkan mengaktifkan fungsi yang tidak seharusnya di aktifkan, atau kesalahan dalam penggunaan software yang dimilik oleh komputer atau laptop yang telah di instalkan, salah satunya adalah pengaturan terhadap keamanan computer itu sendiri, hal ini tak terkecuali dapat terjadi pada laptop atau komputer yang memiliki teknologi terbaik sekali pun.

Namun software komputer telah dirancang untuk memberikan solusi agar perangkat keras dapat di gunakan dengan baik dengan memberikan tuntunan dan jawaban dari masalah yang dihadapi oleh para pengguna computer, akan tetapi hanya orang-orang tertentu yang dapat mengartikannya Karena biasanya solusi atau jawaban yang ditampilkan adalah dalam bentuk kode tanpa ada penjelasan yang disertakan.
Blue screen atau layar biru yang terdapat pada computer atau laptop akan muncul apabila terjadi kesalahan dalam pengoperasian ataupun pengaturan software computer atau bahkan tampil apabila terdapat kesalahan pada penggunaan perangkat computer seperti, adanya perangkat keras yang digunakan tidak diinstal atau pun perangkat computer tidak menggunkan cara yang benar dalam pemasangan atau penggunaanya, hal ini mengakibatkan computer tidak dapat berjalan atau menjalankan fungsi dari yang seharusnya dilakukan. Telah disinggung sebelumnya diatas selain perangkat keras juga dapat terjadi akibat salah dalam pengaturan/ setting perangkat lunak. 

Kali ini akan dibahas blue screen yang terjadi dan jawaban atas masalah yang terjadi pada Asus seri X453M dengan spesifikasi prosesor Intel® CPU N3540 @2.16GHz 2.16GHz dengan Installed memory (RAM) 2.00 GB (1,89 GB usable).

Apakah masalah yang dihadapi seperti pada gambar diatas ?,
Dengan ciri sebagai berikut:
1.       Pada saat computer dihidupkan maka akan ditampilakan pilihan untuk memilih “Launch starup repair (Recommended)” dan “start windows normally”
2.       Apabila memilih “launch starup repair (Recommended)” computer/laptop akan melakukan loading file seperti akan melakukan install  ulang software system operasi.
3.       Apabila memilih “Start windows normally” computer/laptop akan restar ulang computer.
4.       Apabila dimatikan laptop atau computer akan menampillkan layar biru dengan menyertai pemberitahuan seperti gambar diatas
Baiklah cobalah untuk tidak panic atau sampai kebakaran jenggot karena itu biasa atau bias saja terjadi pada laptop asus seri X453M, biasanya salah dalam memulai mengoperasikan laptop dengan benar. Berikut solusinya :
1.       Matikan dan hidupkan kembali computer/laptop
2.       Klik F2 agar dapat masuk ke BIOS
3.       Buka tab ADVANCED pada OS SELECTION pilihlah system operasi yang sesuai saat ini digunakan oleh computer/laptop.
4.       Apabila telah melakukan pengaturan silahkan keluar dari BIOS tapi disimpan terlebih dahulu dengan cara menekan F10 yakni yang berfungsi untuk menyimpan pengaturan yang telah dilakukan sekaligus keluar dari BIOS.
5.       Computer/laptop akan melakukan restart otomatis dan masalah akan selesai.
Semoga bermanfaat.