Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Saturday, July 29, 2017

Mengenal Prinsip Kerja Telepon sebagai media komunikasi



Sebagai sarana komunikasi yang semakin hari semakin berkembang, telepon menjadi primadona dalam bersosial karena dapat melakukan komunikasi dengan jarak jauh ditambah dengan kemampuan teknologinya yang sudah sangat berkembang cukup pesat, yang tadinya hanya sebagai alat berkirim pesan maupun suara sekarang sudah dapat dinikmati fiture keduanya (Suara dan Pesan) ataupun video dan suara dalam sekali berkomunikasi. Telepon adalah salah satu media komunikasi yang dijadikan sebagai perantara  untuk menghubungkan dari satu titik ke titik lain dengan segudang perkembangan yang semakin hari semakin memanjakan masyarakat dalam melakukan komunikasi baik kepada keluarga maupun teman bahkan rekan kerja sekalipun dengan jarak dekat bahkan berjauhan. Akibat perkembangan ini lah, media komunikasi menjadi salah satu faktor yang sangat mempengaruhi gaya hidup masyarakat.
Handphone atau yang sering dikenal dengan istilah ponsel merupakan alat komunikasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan berkomunikasi, mempermudah dalam menyampaikan informasi tanpa dibatasi oleh macetnya perjalanan akibat pengendara jalanan yang tidak tertib karena handphone yang merupakan perangkat telekomunikasi elektronik yang mana kemampuan sama bahkan lebih diatas telepon rumah pada umumnya, kedatangan handphone (ponsel) membuat pasar telepon rumah menjadi minim peminatnya hal ini dikarenakan adanya tawaran kemudahan dalam menggunaakan alat komunikasi ini lebih fleksibel tanpa kabel yang berjalan di jaringan telepon nirkabel atau tanpa kabel sehingga dapat dibawa kemana-mana. Jaringan telepon saat ini terdiri dari system GSM ( Global System for Mobile Telecomunications) dan system CDMA (Code Division Multiple Access).
Baca : 
Cara kerja jaringan telepon menggunakan kabel
Dalam system dan cara kerja dari jaringan telepon yakni dengan system wireline hal ini mengharuskan penggunaan kabel untuk menghubungkan titik nodenya supaya jaringan telepon yang dibangun dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.
Adapun cara kerja dari jaringan telepon menggunakan kabel adalah sebagai berikut:
1.       Suara yang disampaikan dari pengirim diterima oleh Microphone
2.       Microphone melakukan pengubahan atau modulasi gelombang suara menjadi sinyal listrik
3.    Sinyal listrik tersebut disalurkan dengan perambatan pada kabel telepon dan di teruskan ke pusat telekomunikasi
4.       Pada pusat telekomunikasi dilakukan demodulasi untuk mengubah dari sinyal listrik menjadi gelombang suara dan diterima oleh alat speaker.
Cara kerja jaringan telepon tanpa kabel
Berbeda dengan telepon berkabel, system yang digunakan adalah system wireless atau dikenal dengan tanpa kabel yang di pancarkan oleh BTS (Base Transceiver Station) dimana pengirim dan penerima pesan harus tercakup dalam wilayah BTS itu sendiri. Dikarenakan BTS yang akan memfasilitasi komunikasi yang dilakukan oleh pengirim dan penerima pesan.

Adapun cara kerjanya sebagai berikut:
1.       Pesan yang sampaikan berupa suara dari pengirim di terima oleh Microphone
2.       Pengubahan gelombang suara menjadi sinyal listrik oleh Microphone yang kemudian akan dipacarkan dan diteruskan ke BTS terdekat oleh Handphone pengirim.
3.   BTS menerima pesan yang di pancarkan oleh handphone pengirim dan diteruskan ke pusat telekomunikasi
4.       Selanjutnya akan di teruskan ke BTS terdekat dari handphone penerima
5.       Apabila telah sampai kepada handphone penerima dilakukan perubahan sinyal menjadi gelombang suara oleh speaker.