Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Saturday, July 29, 2017

Kamus pintar sederhana istilah komputer



Bandwith adalah jumlah besaran data (bit) yang dapat ditransferkan atau dikirimkan melalui suatu jaringan yang dihitung dengan satuan bps, Mbps, Kbps,

Browser merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai media untuk menampilkan tampilan dari suatu halaman website pada saat melakukan pencarian data menggunakan jaringan internet, contoh: Mozzila Firefox, Opera, Google Chorme, Safari, Intenter Explorer dan sebagainya.

CGI  (Common Gateway Interface) yang sering juga disebut dengan Script adalah progam yang dapat menterjemahkan suatu data yang berasal dari web server dan menampilkannya pada halaman website (situs). Dengan program ini halaman dari suatu situs dapat terlihat lebih interaktif karena adanya interaksi halaman situs dengan program lain.

Data Transfer adalah besaran data yang ditransfer baik masuk (download) maupun keluar (upload) menggunakan koneksi jaringan.


DNS / Domain Name System adalah sebuah system penamaan domain yang menyimpan informasi alamat dari suatu host yang dibentuk dari suatu database atau basis data didalam jaringan computer.

Domain adalah asosiasi dari alamat website yang terdapat pada akhir suatu alamat situs  dimana alamat suatu situs terdiri dari gabungan beberapa karakter huruf alfabet dan numerik alamat dari suatu situs atau website contoh alamat website www.bunglonmerah.blogspot.com, www.sakuonline.blogspot.com, www.izinformasi.blogspot.com dsb. Domain memiliki arti khusus seperti .com(comersial), .ac (untuk akademik), .sch(sekolah), .go(pemerintahan) dsb.

Download adalah proses pengambilan data dari jaringan internet ke komputer atau media jaringan

Downstream adalah kecepatan yang digunakan pada saat melakukan pengambilan data dari jaringan internet ke computer local (download)

FTP (File Transfer Protocol) merupakan standar dalam melakukan transfer atau pengiriman data antar computer.

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah halaman dalam website yang dibuat dalam bentuk script dan diterjemahkan oleh browser sehingga dapat dilihat dengan tampilan yang lebih menarik.

IP Address atau alamat IP (Internet Protocol) merupakan nomor unik yang digunakan untuk mengidentifikasi host, Personal Computer ataupun perangkat yang tersambung kedalam jaringan yang menggunakan TCP/IP yang terdiri dari 4 bagaian dimana setiap bagian dipisahkan dengan tanda titik “.” Contoh. 192.168.1.1

Mysql (Structured Query Language) merupakan system yang digunakan sebagai media melakukan organisasi manajemen basis data atau database yang dikelompokkan sesuai dengan kebutuhan dari suatu program database.

Upload adalah proses pengiriman data dari computer local menuju jaringan internet


Upstream adalah kecepatan yang digunakan pada saat proses pengiriman data dari computer local menuju jaringan internet (upload)