Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Thursday, December 13, 2018

Sistem Komputer tentang perangkat pemikir (Brainware)

BRAINWARE (Perangkat Pemikir)
Brainware merupakan bagian penting dari sebuah sistem komputasi. Hal ini disebabkan bahwa perangkat keras tidak dapat bekerja tanpa perangkat lunak, sementara perangkat keras dan perangkat lunak memerlukan brain ware (perangkat pemikir) yang memberikan intruksi. Secara harfiah,brainware dapat diartikan sebagai perangkat intelektual (dalam hal ini oktak manusia) yang mengoperasikan dan mengexplorasi kemampuan dari perangkat keras dan perangkat lunak yang ada.
Adapun pengertian brainware menurut :
1.      Azhar Susanto (2004) yang berpendapat bahwa brainware merupakan seseorang yang dapat menciptakan, mengatur, dan mampu untuk menjalankan sebuah sistem informasi.
2.      Edi Purwono (2004) brainware adalah seorang ahli profesional yang secara langsung terlibat dalam pengolahan sebuah sistem informasi.
Ada beberapa jabatan yang disandangkan pada brainware sesuai fungsi masing-masing,diantaranya:
1.      Operator
Operator adalah seseorang atau beberapa orang yang bertugas untuk melakukan pelayanan dengan menggunakan sistem komputer. Pelayanan di sini bisa berhubungan dengan karyawan di dalam perusahaan tersebut atau bisa juga pelayanan kepada masyarakat luar. Tugas operator hanyalah menjalankan sistem komputer yang ada berdasarkan petunjuk. Dia tidak berhak untuk memodifikasi sistem yang ada kecuali mendapatkan izin dari programmer.
2.      Programmer
Programmer adalah seseorang yang memiliki intelektual ataupun keahlian dalam sistem komputer, khususnya dalam bagian software. Programmer sendiri memiliki beberapa bagian yakni bagian depan atau biasa disebut frontend dan juga bagian backend. Frontend sendiri adalah suatu pelayanan yang ditunjukan untuk pengunjung sebuah aplikasi ataupun website. Sedangkan backend adalah pelayanan yang ditunjukan kepada admin sehingga pengunjung tidak dapat melihatnya.
3.      Database engineer adalah orang yang merancang database sehingga menakomodir kebutuhan pengelolaan data.
4.      Administrator
Administrator atau bisa juga disingkat admin ini adalah seseorang maupun beberapa orang yang bertugas untuk menjaga sistem yang sudah dibuat oleh programmer. Selain menjaga, admin ini juga berkuasa penuh untuk menambahkan atau menghilangkan bagian-bagian yang dianggap penting terhadap suatu sistem. Apabila ada kesalahan di dalam sistem, maka itu merupakan tanggung jawab administrator.
5.      Sistem analis
Sistem analis adalah orang yang bertanggung jawab dalam sebuah perencanaan mengenai sistem operasi server, mengetahui macam-macam databasecara memilih komputer server, dan lain-lain. Oleh sebab itu, seorang sistem analis harus memiliki kemampuan analisis yang akurat dan juga tepat. Jangan sampai analisisnya meleset karena hal tersebutakan berdampak besar dengan hasil rancangan sistemnya.
6.      Konsultan
Konsultan di sini adalah orang yang memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang komputer sehingga dia dapat memberikan jalan keluar atau solusi ketika ada masalah pada sistem. Setiap perusahaan pasti membutuhkan sosok konsultan ini karena dapat memberikan jawaban yang tepat dan juga akurat sehingga permasalahan pun dapat diselesaikan dengan cepat.
7.      Teknisi
Jika programmer bertugas dalam mengatasi hal-hal yang berhubungan dengan software, maka teknisi adalah orang atau beberapa kelompok yang bertugas mengatasi hal-hal di bagian hardware. Contohnya seperti kerusakan pada layar monitor, CPU, kabel-kabel, dan lain sebagainya. Seorang teknisi harus mampu memperbaikinya agar bisa kembali normal seperti sedia kala.


Daftar Pustaka :


Soeherman, Bonnie & Pinontoan, Marion. 2008. Designing Information System. Jakarta : Elex Media Komputindo.
Al-Bahra bin Ladjamudin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi.Yogyakarta : Graha Ilmu
Jogiyanto, Hartono. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Edisi III.  Yogyakarta: ANDI.
Indrajit, 2001, Analisis dan Perancangan Sistem Berorientasi Object. Bandung, Informatika.
Robert G Murdick, dkk, Sistem Informasi Untuk Manajemen Modern, Jakarta : Erlangga, 1991.
Gordon B. Davis, Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen Bagian 1, PT Pustaka Binamas Pressindo, Jakarta: 1991
Dr. Ir. Harijono Djojodihardjo, Pengantar Sistem Komputer, Erlangga, Bandung: 1984
Susanto, A. (2009). Pengenalan komputer. IlmuKomputer.co
Wimatra, A. Simanulang, P. Sunardi. Saputro, R. (2008). Dasar – dasar komputer. Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan. Medan
Aminudin, 2008, Semantik Pengantar Studi Tentang Makna, Bandung : Sinar Baru Algesindo