Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Friday, December 21, 2018

Berhasil menghapus program komputer tanpa Control Panel

Komputer bukan lagi menjadi barang mewah dikhususkan bagi kalangan atas atau pebisnis yang menghasilkan milyaran rupiah bahkan dolar, namun barang ini digunakan bagi setiap individu yang membutuhkan kemampuan yang mempermudah pekerjaan sebab komputer memiliki ragam dan kemampuan masing-masing serta diciptakan dengan spesifikasi berbeda dari yang termurah hingga yang termahal sekalipun, dari yang hanya digunakan secara sederhana seperi menonton, membuat tulisan dan sebagainya, hingga yang lebih berat sekalipun seperti penciptaan robot, analisis, dan lain sebagainya. 
Kemampuan-kemampuan itu tidak terlepas dari perangkat lunak yang di masukkan (instal) kedalamnya yang menjadi perantara dari user ke hasil perkerjaan. Agar komputer bekerja dengan optimal sebaiknya penginstalan perangkat lunak disesuaikan dengan perangkat keras yang dimiliki agar komputer tidak menjadi lambat atau sering dikenal dimasyarakat dengan istilah lola, lelet dan sebagainya. Akibat perkembangan komputer yang sangat pesat dan bertambah maju diiringi dengan bermunculannya banyak software atau aplikasi dengan memiliki fungsi masing-masing, perlu diingat kembali dengan menambahkan perangkat lunak maka sangat mempengaruhi kinerja dari komputer sehingga perlu dilakukan uninstal (penghapusan-penghapusan) terhadap software yang tidak diinginkan guna memberikan ruang yang cukup untuk komputer memproses program lainnya.
Tidak hanya manusia yang punya sikap bandel, software pun dapat bersifat sama hal ini disebabkan gagalnya system dalam membaca perintah yang diberikan oleh user atau pengguna computer dengan system operasi yang mengolah perintah tersebut. Ada beberapa factor dari kegagalan dalam melakukan penghapusan/Uninstal diantaranya adanya perangkat lunak perusak yakni virus yang menjangkit dalam aplikasi yang sudah terinstal dalam program computer.
Uninstal dapat dilakukan melalui langkah biasa seperti control panel kemudian memilih program yang akan di install, namun adakalanya system atau perangkat lunak yang akan di uninstal tidak dapat dihapus dengan tersebut. Jadi untuk mengatasi system bandel tersebut maka terdapat langkah lain yang bisa digunakan.
Kali ini akan dibahas cara uninstal program komputer dengan cara yang berbeda, tindakan ini dapat dilakukan dengan sangat sederhana yakni dengan 2 langkah, sebagai berikut:

 1.      JALANKAN RUN COMMAND 
Untuk menjalankan Run Command tekan tombol windows + R kemudian masukkan Regedit atau dengan cara ketikkan Regedit di bar search windows


   2.      HKEY_LOCAL_MACHINE
Klik Software, pilih dan klik kanan pada software yang akan di hapus kemudian klik delete. Setelah di lakukan perintah delete maka, program yang bandel di uninstal telah terhapus dan dapat di instal kembali apabila diperlukan.

Langkah diatas cukup ampuh dalam mengatasi hal hal yang sulit dilakukan saat menggunakan control panel. Semoga Membantu.