Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Monday, March 6, 2017

Cara mudah melakukan sharing printer

Berbagi pakai printer dalam satu ruangan merupakan hal biasa, hal ini mengingat sumberdaya khususnya printer sangat diperlukan dalam hal pengolahan data akhir. Seperti melakukan pencetakan hasil laporan pekerjaan karena selain menghemat dengan berbagi pakai printer dapat menghemat biaya. Sharing printer diistilahkan dengan membagi satu printer untuk beberapa komputer. adapun caranya sebagai berikut :
  1. Buka Devices and Printers
     
  2. Klik kanan pada printer > pilih Pinter Properties
  3. Klik menu Sharing > Checklist > klik ok.
  4. Untuk melihat bahwa printer yang disharingkan berahasill lalukan langkah selanjutnya adalah masuk ke window explorer dengan menekan Windows+e di laptop/komputer, maka akan tampil nama printer yang sudah di sharingkan :
  5. Klik nama komputer anda ( untuk melihat nama dari komputer silahkan klik start> klik kanan pada computer) 
  6. Kemudian akan ditampilkan nama dari komputer/laptop
  7. Untuk komputer yang tidak tersambung keprinter dan akan menggunakan printer untuk mencetak langkah yang dilakukan adalah dengan masuk ke windows explorer dan masuk ke network klik nama komputer yang melakukan sharing printer kemudian klik kanan pada pinter dan pilih connect. tunggu beberapa saat sampai konfigurasi yang dilakukan oleh windows selesai. 
  8. Sampai disini anda sudah berhasil
  9. Buka Aplikasi untuk mencetak semisal Ms Word, pada saat akan mencetak pilih nama printer yang telah di sharingkan seperti berikut
Demikian semoga bermanfaat... Jangan lupa di share artikelnya.

Artikel Lain: