Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Thursday, March 9, 2017

Tips dan trik jitu terhubung kejaringan WLAN

Mengapa laptop tidak bisa tersambung ke jaringan hotspot menggunakan media wireless. ? sebuah pertanyaan yang mungkin harus dijawab, jadi untuk dapat terhubung kejaringan computer baik local seperi LAN (Local Area Network) ataupun internet menggunakan media tanpa kabel atau nirkabel saat ini bukan menjadi barang mustahil sebab pada perangkat laptop ataupun sejenisnya sudah di sediakan teknologi wireless yang memiliki kemampuan untuk mengolah dan mengenali sinyal menjadi paket data.
Dengan teknologi ini tanpa harus menggunakan media kabel sebagai  penghubung, dengan demikian mengakses jaringan tanpa batas. Namun untuk dapat menggunakan teknologi ini agar dapat tersambung ke jaringan terlebih dahulu melakukan pengaturan terhadap fasilitas atau fitur pada laptop yang digunaka. Apabila menemui kendala laptop tidak dapat tersambung kejaringan ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

              Baca : Panduan konfigurasi acces point jaringan WLAN
Berikut faktor-faktor yang harus di perhatikan apabila laptop tidak dapat tersambung ke jaringan menggunakan media nirkabel wireless :
  1. Wireless software belum terinstal. Coba perhatikan layar bagian bawah sudut kanan yang terdapat icon computer yang masih diberi tanda silang merah, hal ini berarti software atau perangakat lunak wireless belum disintal sama sekali sebagai jalan keluarnya harus dilakukan penginstalan software yang sesuai dengan tipe dan jenis dari perangkat wireless, untuk mendapatkan software yang sesuai silahkan langsung masuk kesitus web dari merk laptop masing-masing atau mencari software menggunakan search engine.
  2. Perangakat wireless non aktif. Sebelum memulai masuk kedalam jaringan menggunakan media nirkabel sebaiknya diperiksa terlebih dahulu perangkat keras yang dimiliki oleh laptop atau alat yang digunakan untuk melakukan konektivitas ke jaringan, sebab untuk dapat terhubung harus memiliki alat atau fasilitas yang dapat mengolah sinyal menjadi media data sehingga dapat berbagi informasi atau mencari informasi dari ketersambungan dalam jaringan. Setiap laptop memiliki tombol khusus tergantung produsen dari laptop untuk mengaktifkan alat ini seperti tanda pemancar yang sedang memancarkan sinyal  sedangkan untuk melihat aktif atau tidaknya pada tombol terdapat lampu led berwarna putih berarti hidup wirelesnya sedangkan orange berarti wireless dalam kondisi non aktif. Bagi produsen laptop HP tombol wireless terdapat pada tombol fungsi  F12.
  3. Belum terhubung dengan jaringan yang tersedia. Banyak jaringan yang menggunakan perangkat access point untuk menyebarkan sinyal untuk dapat terhubung kedalam suatu jaringan biasanya harus terlebih dahulu melakukan connecting ke jaringan melalui sinyal yang disebarkan oleh access point, ada beberapa jaringan terdapat yang mengharuskan mengisikan password untuk dapat masuk kejaringan namun ada juga tanpa password.
  4. Software browse atau browser kadaluarsa. Masalah ini timbul akibat versi web browser tidak mendukung pada  system  operasi yang digunakan pada laptop. Sebaiknya lakukan pembaharuan terhadap perangkat lunak web browser baik dengan cara pembaharuan secara online atau dengan menginstal ulang dari software yang kompatibel terhadap system operasi.

Semoga bermanfaat.. 

Artikel lain: