Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Tuesday, March 14, 2017

Perbedaan dari jaringan peer to peer dan jaringan client server

Jaringan computer merupakan jaringan dimana computer lebih dari satu saling terhubung yang dapat berkomunikasi maupun bertukar data untuk saling berbagi, saling memanfaatkan sumberdaya dari host (computer) ke host yang lain. Dengan menggunakan jaringan maka banyak kelebihan dan manfaat yang dapat membantu aktivitas dan kegiatan sehari hari. Berikut terdapat jaringan terpusat dan tidak terpusat.

Pengertian client server

Jaringan Client server adalah salah satu jaringan computer dimana salah satu computer digunakan khusus sebagai server, server sendiri adalah satu computer yang digunakan sebagai pengelola seluruh aktivitas jaringan baik itu menyimpan data yang akan dibagikan ataupun menyimpan pengaturan terhadap computer lain yang masuk kedalam jaringan, adapun sumberdaya yang dapat di bagikan adalah seperti diantaranya Printer, hardisk. Client adalah computer digunakan untuk memanfaatkan sumberdaya dalam jaringan yang sudah diatur dan disediakan oleh computer server.

Kelebihan dari Jaringan Client Server
Sumberdaya jaringan seluruhnya diolah  oleh computer server maka membuat kecepatan dalam melakukan akses pada setiap sumberdaya menjadi lebih cepat dan terpusat
System keamanan dari lalu lintas data dan pengadministrasian jaringan lebih baik.
Terpusatnya seluruh system dalam sebuah computer server membuat backup data dapat dikontrol lebih baik

Kekurangan Jaringan Client Server
Computer server harus memiliki kemampuan khusus baik dalam program maupun perangkat keras hal ini untuk menjaga kesetabilan dalam mengatus lalu lintas sumberdaya jaringan.
Jaringan computer terpusat apabila server tidak aktif maka seluruh client tidak bisa masuk dalam jaringan.
Biaya pemeliharaan dan konfigurasi jaringan lebih mahal


Jaringan Peer to peer
Berbeda dengan jaringan client server jaringan Peer to peer dimana semua computer yang tersambung dalam jaringan akan bertindak sama tidak ada yang menjadi server untuk computer lainnya. Seluruh manajemen pengaturan jaringan terletak pada computer masing-masing seperti control sumber daya yang digunakan juga menjadi tanggung jawab semua host yang ada.

Kelebihan Jaringan Peer to peer
 Sumber daya masing-masing computer dapat dibagikan ke pada computer lain yang ada dalam jaringan peer to peer seperti hardisk, Printer, modem.
Karena tidak adanya pengaruh computer lain terhadap jaringan maka jika terjadi kerusakan pada salah satu computer tidak akan memperngaruhi keseluruhan jaringan.
Konfigurasi dan instalisasi murah dan mudah

Kekurangan Jaringan Peer to Peer
Keamanan computer dibebankan pada computer masing-masing sehingga keamanan kurang terjamin.
Lalulintas jaringan tidak terpusat membuat kesulitan dalam lalulitas data perkomputer relative sulit karena masing-masing computer terlibat dalam komunikasi data.
Tidak baik apabila untuk jaringan yang memiliki host dengan skala besar karena sulit untuk di monitor terhadap sumberdaya dari jaringan itu sendiri.


Semoga bermanfaat..

Artikel Lain :