Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Sunday, October 1, 2017

Cara mengatasi masalah tidak bisa charge pada Asus Zenfone

Smartphone sudah menjadi barang kebutuhan dalam kehidupan masyarakat modern, dimana laju sebaran informasi sangat tak terbatas, selain itu smartphone juga dapat dijadikan teman disaat suntuk atau lagi bosan karena dapat ditambahkan aplikasi-aplikasi sesuai dengan kebutuhan sang pemiliki smartphone. Contohnya Asus Zenfone salah satu produk smartphone yang menawarkan segudang kelebihan yang dapat dinikmati oleh pasar, seperti RAM yang sudah mencapai 4Gb yang sangat baik bila sang smartphone dipergunakan bermain game dan banyak lagi kelebihan lainnya. 
Tapi setiap produk pasti suatu saat mengalami kerusakan atau masalah, sudah barang tentu tak terkecuali Asus Zenfone. Salah satu masalah yang dihadapi oleh Asus Zenfone ialah pada charge, namun jangan dulu terburu-buru untuk mengambil keputusan atau bahkan panik.
Tapi bagaimana memecahkan masalah ini apabila terjadi pada smartphone Asus kesayangan tidak bisa charging. Terlebih dahulu di analisis masalahnya, biasanya yang terjadi pada Asus Zenfone khususnya pada masalah charging batre:
  1. Batre Asus Zenfone tidak mengisi sama sekali saat charging atau charging lama
  2. Charging hanya bisa dilakukan saat smartphone mati (Off) dan tidak dapat charging apabila dalam kondisi smartphone hidup (On)
Untuk masalah yang pertama untuk mengatasinya adalah 
  1. Cek adaptor (cas-an) dan kabel apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak, solusinya dengan melakukan cek sepanjang kabel yang digunakan di adaptor apakah ada beberapa bagian pembungkus kabel terbuka, biasanya terjadi pada pangkal kabel yang tehubung langsung pada adaptor charge. Ini dapat terjadi dikarenakan adanya gerakan yang sering dilakukan saat melakukan charging smartphone sehingga dapat membuat kerusakan pada kabel. Terbukanya pembungkus kabel akan mengakibatkan baterai smartphone terisi namun dengan waktu yang lama alias lambat dalam pengisian daya baterai, sebagai saran dan solusi ganti kabel dan adaptor dengan kabel dan adaptor yang baru.
  2. Perbaiki konektor (Port USB) smartphone. Kerusakan pada port usb dapat terjadi apabila adanya kesalahan pada saat memperlakukan smartphone terutama pada saat charge berlangsung seperti smartphone jatuh dan merusak port usb. Sebagai solusi ganti port usb dengan yang baru, tapi di sarankan apabila tidak memiliki keahlian dalam penggatian port usb ini gunakan jasa servis sebab apabila tidak memiliki kemampuan, bukannya smartphone manjadi baik tetapi menjadi lebih parah atau rusak berat. Alih-alih perbaikan akhirnya harus beli smartphone baru.
Untuk yang masalah kedua charging hanya bisa dilakukan saat smartphone mati (Off) dan tidak dapat charging apabila dalam kondisi smartphone hidup (On):
  1.  Pada kasus ini batre smartphone dapat terisi apabila dalam kondisi off atau mati terjadi pada asus zenfone sebagai solusinya adalah matikan smartphone dan pasangkan charge. Namun coba perhatikan pada layar smartphone menampilkan pemberitahuan batre telah di charge dengan tampilnya layar yang bergambar baterai dengan tanda petir kemudian beberapa detik selanjutnya batre terdapat tanda merah dan hijau setelah tampil maka layar akan mati alias gelap, solusinya adalah tunggulah beberapa saat kurang lebih sekitar 5 menit. Kemudian hidupkan smartphone untuk melihat apakah daya batre sudah masuk dengan indikator bahwa daya batre sudah masuk atau tidak sama sekali. Pada saat menghidupkan smartphone, daya batre di pastikan tidak masuk apabila layar tidak menuju ke tampilan awal menghidupkan smartphone asus yakni tampilan yang bertuliskan android akan tetapi kembali pada tanda batre yang tidak terisi atau dalaman pemberitahuan daya smartphone berwarna merah. Apabila ini tidak berhasil lakukan langkah pergantian port usb.
  2. Lakukan restart perangkat yakni dengan menekan tombol power pada perangkat dan memilih restart, namun jang buru-buru menekan restart atau aktifkan kembali, namun cobalah perhatikan pada layar atas asus zenfone apakah batre terdapat tanda petir ? Jika ya maka tidak perlu untuk merestart karena daya batre sudah masuk, jadi silahkan kembali ke tampilan normal dan tunggulah beberapa menit untuk melihat penambahan daya. Agar lebih mudah melihat perubahan daya batre gunakan tampilan persentase batre. Pada kasus ini perangkat tidak memberikan pemberitahuan dengan tanda bergetar.
Semiga bermanfaat