Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Sunday, October 1, 2017

Tips dan solusi konfigurasi Router TL-WR70N

Dalam sebuah jaringan komputer sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Router, Perangkat ini berfungsi sebagai penghubung dari beberapa jaringan yang kemudian meneruskan data dari jaringan satu menuju jaringan lainnya, namun berbeda fungsi dengan perangkat HUB ataupun switch yang hanya sebagai penghubung antar perangkat jaringan saja.
TP-Link TL-WR720N merupakan salah satu model router yang kompatibel dengan IEEE 802.11b/g/n yang memberikan kemampuan kecepatan hingga 150Mbps selain itu mode router ini memiliki kestabilan sinyal dari wirelles dengan menggunakan teknologi Clear Channel
Assessment (CCA) yang dapat menghindari konflik saluran secara otomatis. Berikut akan dipaparkan konfigurasi router TL-WR70N melalui komputer.
Konfigurasi IP pada komputer dengan cara sebagai berikut :
  1. Syarat utama dalam konfigurasi ini adalah terlebih dahulu memiliki perangkat TL-WR70N kemudian hubungkan perangkat TL-WR70N ke komputer melalui sambungan langsung dengan menggunakan kabel ethernet, selanjutnya hidupkan perangkat router dan komputer.
  2. Lakukan pengaturan IP pada komputer yang terhubung perangkat router, pengaturan yang dilakukan agar dapat terhubung pada router yang akan dikonfigurasi, dalam pengaturan ini harus disesuaikan dengan sistem operasi dari komputer yang digunakan. 
  3. Untuk Sistem operasi Windows 7 >> Klik start >>klik Control Panel >>Klik Network and sharing center >> Klik Change Adapter Settings. Kemudian klik kanan Local Area Connection >> Klik Properties >> Double click (klik 2x secara bersamaan) pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Kemudian terdapat dua pilihan pengaturan pertama Obtain an IP address automaticall yang maksudnya adalah menentukan IP secara otomatis oleh sistem sendangkan yang kedua adalah Use the Following IP address yakni melakukan pengaturan IP secara manual. Klik yang ke dua kemudian isi pada baris IP address dengan 192.168.0.10 dan subnet mask isikan 255.255.255.0 >> setelah mengisi IP address dan subnet mask klik Ok.   . 
  4. Untuk Sistem Operasi Windows vista >> Klik start >>klik Control Panel >>Klik Network and sharing center >>Pilih Network and Sharing Center >> Klik Manage Network Connections >> Kemudian klik kanan Local Area Connection >> Klik Properties >> Double click (klik 2x secara bersamaan) pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) >> Klik Use the following IP Address dan masukkan pada kolom IP addrres dengan 192.168.0.10 dan subnet mask isikan 255.255.255.0 >> setelah mengisi IP address dan subnet mask klik Ok.
  5. Windows XP >> Klik Start >> Klik Control Panel >> Klik Network Connectionts >> Klik kanan pada Local Area Connection >> Kemudian klik Properties>> Double click (klik 2x secara bersamaan) pada Internet Protocol (TCP/IP) >> Klik Use the following IP Address dan masukkan pada kolom IP addrres dengan 192.168.0.10 dan subnet mask isikan 255.255.255.0 >> setelah mengisi IP address dan subnet mask klik Ok.
Baca : Keuntungan menggunakan jaringan WAN
Setelah melakukan konfigurasi IP Address pada komputer yang terhubung ke perangkat router TL-WR70N, selanjutnya adalah konfiguras router dengan cara sebagai berikut:
  1. Pada komputer yang terhubung ke perangkat router sebelumnya harus memiliki aplikasi web browser, jika tidak ada silahkan menggunakan browser Internet Explorer, jika sudah ada silahkan jalankan web browser.
  2. Pada address bar masukkan atau tuliskan 192.168.0.254 >> Kemudian tekan tombol enter pada keyboard.
  3. Saat setelah menekan tombol enter maka akan terlihat windows security yang menyediakan dua kolom, tuliskan admin di kedua kolom tersebut kemudian klik OK.
  4. Akan terdapat tampilan menu. Arahkan kursor dan pilih Quick Setup >> Kemudian klik tombol Next
  5. Pilih Router >> Kemudian Klik Next >> Klik Enable pada Wireless Radio >> Kemudian isikan nama wiresless yang diinginkan pada SSID, Untuk channel pilih Auto, untuk mode pilih 11bgn mixed, sedang Chanel Width pilih Auto >> Pada bagian Security Options disediakan dua pilihan pertama Disable Security (tanpa pasword atau pengamanan dalam memasukki jaringan router) dan pilihan yang kedua adalah WPA-PSK/WPA2-PSK pilihan ini berfungsi memberikan password pada jaringan. Sebagai saran demi keamanan silahkan klik pilihan yang kedua dan tentukan nama pasword yang diinginkan setelah semuanya dipilih selanjutnya >> Klik Next 
  6. Langkah selanjutnya adalah klik dan pilih WAN connection ISP yang digunakan pada jaringan saat ini. disini disediakan tiga pilihan, pilih salah satu yakni pertama >> PPPoE, untuk pilihan ini masukkan username dan password yang telah disiapkan oleh ISP. Pilihan Kedua >> Dynamic IP, IP akan bersifat DHCP. Pilihan Ketiga >> Static IP, masukkan IP Parameter yang telah disedikan atau disedikan oleh ISP. Setelah memilih salah satu dari pilihan yang disedikan selanjutnya dengan menekan Next
  7. Setelah melakukan serangkaian konfigurasi diatas maka terakhir akan ditampilkan pemberitahuan bahwa router sudah disetting. Jika tidak ada yang salah silahkan langsung klik Reboot, Namun jika masih terdapat kesalahan atas pengaturan silahkan kembali ke pengaturan sebelumnya dengan mengklik tombol Back.
  8. Setelah menekan Reboot maka perangkat router sudah dapat di hubungkan langsung ke modem menggunakan kabel ethernet menggunakan port LAN.
Apabila pengaturan router selesai kembalikan pengaturan komputer ke kondisi semula dengan menghapus kembali IP yang sudah di masukkan sebelumnya  dengan cara mengikuti langkah langkah pengaturan IP sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Untuk menghapus IP address di komputer pada saat pemilihan pengaturan IP addres jangan pilih Use the following IP Address akan tetapi yang dipilih adalah Obtain an IP address automatically setelah dipilih silahkan klik OK.

Demikian semoga bermanfaat.