Informatika, Teknologi, dan Informasi Umum terbaru yang di ulas secara informatik

Monday, October 23, 2017

Tips dan Trik Mengatasi File Ms. Excell tidak bisa di Print

Mencetak dokumen dalam aplikasi Ms. Office prosedurnya adalah terlebih dahulu harus melakukan penginstalan software di dalam komputer itu sendiri terhadap printer yang akan digunakan. Hal ini agar sistem komputer dapat melanjutkan perintah pencetakan dengan menggunakan printer tujuan. setelah penginstalan software maka jenis printer akan terlihat di printer and device, printer barulah dapat dilakukan perintah pencetakan dokumen dengan memilih nama printer yang tersambung/ connect ke komputer. Namun bagaimana jika nama printer yang tersambung pada komputer masih tidak terlihat pada pilihan nama printer padahal software sudah sesuai dengan jenis printer yang akan digunakan ?.


Sebelum melangkah ke tindakan selanjutnya ada baiknya sedikit mengenal apa itu regedit. Regedit merupakan database hirarki yang terdapat pada sistem operasi dimana penggunaannya untuk mengatur seluruh informasi yang dibutuhkan oleh Sistem  Windows. Regedit memperlihatkan Registry Editor ke dalam tampilan format yang susunannya secara userfriendly mirip dengan Windows Explorer yang sering gunakan saat pencarian data didalam komputer. Pengaturan dan perubahan tentang informasi dapat dilakukan pada registry editor sesuai dengan keperluan, namun harus terlebih dahulu faham apa yang akan dilakukan. Karena perubahan yang dilakukan akan mempengaruhi dari kinerja computer yang sedang
Sebagai fungsinya regedit adalah untuk melihat susunan perintah dalam sistem operasi, dan juga dapat memodifikasi perintah ataupun menghapus perintah terdapat dalam sistem operasi yang sedang digunaakan saat ini.

Sekarang kita lanjutkan pembahasan tentang Tips dan Trik Mengatasi File Ms. Excell tidak bisa di Print sedangkan perangkat keras printer sudah di instal. Dengan membuka perintah Regedit akan dapa
  1. Buka Registry Editor dengan cara tekan tombol windows dan R secara bersamaan. atau sebagai pilihan lain dapat menekan tombol start kemudian ketikkan Regedit di kolom pencarian. 
  2. Apabila terdapat pemberitahuan "Do you want to allow the following program to make changes to this computer ?" klik yes.
  3. Setelah menekan yes akan ditampilkan Registry Editor 
  4. Klik tanda + di folder HKEY_CURRENT_USER >> Software >> Microsoft >>Windows NT >>CurrentVersion >>Windows
  5. Klik kanan pada Device di sebelah kanan tampilan Regsitry Editor kemudian pilih delete. Catatan di baris Device akan ditampilkan salah satu nama printer yang sedang terhubung ke komputer yang sedang aktif.
Apabila dilakukan langkah diatas namun terdapat kendala tidak dapat melakukan penghapusan terhadap nama printah Device hal ini belum dilakukannya pengaturan akan perizinan untuk melakukan pengeditan terhadap perintah di registry editors. Sebagai solusinya adalah harus melakukan pengaturan terlebih dahulu sebelum menghapusnya.
Langkahnya cukup mudah dengan masih tetap dalam tampilan registry editor, ikuti instruksi dibawah ini :
  1. Klik edit di jajaran menu
  2. Kemudian cari dan pilih Permissions
  3. Selanjutnya akan ditampilkan jendela keamanan, ceklis allow dan read 
  4. Klik OK
Setelah itu barulah dapat menghapus Device. selanjutnya cobalah untuk melakukan pencetakan data dengan memilih nama printer yang sudah ada dan sesuai dengan perangkat printer yagn digunakan.
semoga bermanfaat.

video yang bisa di simak seputar ms excel